-->

Adsense

Pengertian Topologi Tree Lengkap Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Topologi Tree Lengkap Beserta Kelebihan dan Kekurangannya – Meski pada era sekarang kebanyakan pengguna jaringan menggunakan metode jaringan nirkabel semacam Wifi, namun tidak sedikit yang masih bertahan menggunakan jaringan kabel . Nah untuk jaringan kabel sendiri biasanya ada yang namanya Topologi. Untuk macam teknologi pada jaringan kabel sendiri ada banyak, yakni Tolopogi Ring, Topologi Star, Topologi Tree, Topologi Bus, dan lain sebagainya.


Nah pada artikel kali ini agantutorial akan membahas apa itu Topologi Tree berserta kelebihan dan kekurangannya. Topologi Tree ini merupakan salah satu dari sekian topologi jaringan kabel yang sering digunakan untuk sebuah jaringan lokal. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat simak artikel lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Topologi Tree

Topologi Tree adalah sebuah topologi gabungan dari 2 buah topologi yakni, topologi Star dan Bus. Dengan kata lain topologi Star dan Bus saling dihubungkan sehingga terbentuklah topologi baru yakni Topologi Tree. Sesuai dengan namanya, topologi Tree memiliki bentuk yang mirip dengan sebuah pohon dimana server sebagai batang kemudian membawahi banyak client.

Kelebihan Topologi Tree 
1. Sangat mudah dalam penambahan Client, sebab Client hanya perlu dihubungkan ke perangkat Hub.
2. Mudah untuk dikembangkan menjadi jaringan berskala lebih besar.
3. Troubleshooting yang relatif lebih mudah.
4. Manajemen data yang cukup baik

Kekurangan Topologi Tree
1. Jika Hub mengalami masalah, maka seluruh jaringan akan terkena dampaknya.
2. Penggunaan Hub dan kabel cukup banyak
3. Jika kabel Backbone mengalami masalah, seluruh client akan mengalami masalah.
4. Lalu lintas data cukup padat, sebab semua pertukaran data harus melalui.

Demikian artikel ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu serta wawasan bagi sobat yang tadinya belum mengerti tentang topologi jaringan tree, sekarang menjadi lebih paham setelah membaca artikel diatas. sampai jumpa di artikel agantutorial berikutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Topologi Tree Lengkap Beserta Kelebihan dan Kekurangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel