-->

Adsense

10 Jenis, Pengertian Serta Fungsi Perangkat Jaringan


Agantutorial.com – Sebuah jaringan dapat bekerja dengan baik tentunya memiliki perangkat yang saling mendukung satu sama lain. Perangkat-perangkat tersebut akan mengirimkan data ke perangkat lain sehingga jaringan akan terhubung, lalu apa saja perangkat tersebut dan apakah fungsinya? Yuk! Langsung saja simak artikel berikut.

Jenis, Pengertian Serta Fungsi Perangkat Jaringan.

1. Wireless Card.
Wireless Card adalah sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan device dengan jaringan tanpa harus melalui media kabel. Wireless Card ini sering digunakan pada perangkat seperti Laptop.

2. Router.
Router adalah sebuah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan atau lebih.

3. LAN Card.
seperti halnya perangkat jaringan lain, LAN Card adalah sebuah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan data dari device satu ke device yang lainnya melalui media kabel.

4. Hub.
Hub adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk membagi server ke jaringan lain.

5. Bridge.
Bridge pada jaringan memiliki fungsi untuk memperluas jaringan.

6. Switch.
Switch merupakan perangkat jaringan yang memiliki fungsi mirip dengan hub. Switch memiliki fungsi utama yaitu menerima sinyal serta mengirim data dari server ke perangkat lain.

7. Access Point
Access Point memiliki fungsi memancarkan sinyal Wireless untuk membuat sebuah jaringan Wireless LAN.

8. NIC
NIC atau Network Interface Card memiliki fungsi sebagai penerima data, sehingga perangkat dapat terhubung pada jaringan. NIC sendiri biasanya tertanam pada perangkat komputer

9. Repeater.
Repeater adalah sebuah perangkat jaringan yang befungsi untuk memperkuat sinyal serta memperluas jangkauan area jaringan tersebut.

10. Modem.
Modem merupakan perangkat jaringan yang dapat menghantarkan perubahan sinyal data menjadi analog kemudian berubah kembali menjadi sinyal data digital sehingga perangkat komputer atau pun laptop dapat mengakses internet.

Demikian 10 Jenis, Pengertian Serta Fungsi Perangkat Jaringan, semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan sobat semuanya, sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Jenis, Pengertian Serta Fungsi Perangkat Jaringan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel