-->

Adsense

Pengertian USB, Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap


Pengertian USB, Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya Lengkap - Sebuah perangkat komputer atau laptop tentunya memiliki berbagai macam fungsi mulai dari untuk kegiatan sekolah, perkantoran, bahkan untuk bermain game. Untuk mendukung performa dari sebuah perangkat komputer atau laptop tentunya membutuhkan hardware pendukung seperti keyboard, mouse, dan perangkat pendukung lainnya. Nah untuk menghubungkan perangkat tersebut ke sebuah komputer atau laptop biasanya menggunakan port USB.

Sobat pasti sudah tidak asing dengan istilah USB bukan? Tapi apakah sobat mengetahui apa definisi, fungsi, serta kelebihan & kekurangan USB? Jika belum, silahkan simak artikel berikut sampai selesai.

Pengertian USB
Universal Serial Bus atau yang sering dikenal dengan sebutan USB merupakan teknologi yang mampu menghubungkan perangkat pendukung (hardware eksternal) ke sebuah komputer atau laptop. Kita juga dapat menggunakan USB untuk bertukar data dengan kecepatan mencapai 12mbps. Teknologi USB sendiri ditemukan pada tahun 1984 oleh Dr. Fujio Masuoka.

Fungsi USB
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Universal Serial Bus atau yang akrab disebut USB memiliki fungsi untuk menghubungkan perangkat eksternal ke sebuah komputer atau laptop. Tidak hanya itu, USB juga dapat digunakan untuk bertukar data antar perangkat yang terhubung.

Macam-Macam Device USB
1. Flashdisk
2. USB Hub
3. Harddisk Eksternal
4. Mouse
5. Keyboard
6. Dan lain-lain

Kelebihan Teknologi USB 
Dibandingkan dengan teknologi lain, USB memiliki beberapa kelebihan, yakni :

1. Teknologi USB memungkinkan lebih dari 127 hardware eksternal dapat terhubung ke perangkat komputer ataupun laptop.
2. Teknologi USB bersifat PNP (Plug and play) yakni sobat tinggal menghubungkan saja tanpa melakukan setting apapun.
3. Teknologi USB dapat mencapai panjang  hingga 5 meter
4. Transfer data lebih cepat dibanding port parallel ataupun serial

Kekurangan Teknologi USB
Kekurangan yang sering terjadi adalah konsumsi daya listrik dari setiap perangkat eksternal yang berbeda-beda

Demikian artikel ini, semoga dengan adanya artikel mengenai Universal Serial Bus atau USB ini dapat menambah wawasan serta illmu pengetahuan bagi kita sobat, yang tadinya belum tahu mengenai definisi USB, fungsi, macam-macam,serta kelebihannya sekarang menjadi lebih paham. Sekian sampai jumpa diartikel agantutorial berikutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian USB, Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel