-->

Adsense

Cara Mudah Mengatasi Bluescreen pada Komputer atau Laptop

Halo Sobat Net semuanya! Apa Kabar? Bagi sobat pengguna komputer maupun laptop pasti pernah mengdengar kata Bluescreen. Bluescreen sendiri terjadi karena hardware atau software mengalami  kerusakan, biasanya sih lebih sering ke software.


Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang cara mengatasi bluescreen tersebut. Namun, sebelum masuk ke cara mengatasi bluescreen, alangkah baiknya sobat memahami terlebih dahulu apa penyebab komputer atau laptop mengalami bluescreen.

Penyebab Komputer atau Laptop Mengalami Bluescreen.
Bluescreen sendiri biasa disebabkan karena ada masalah pada hardware  atau software (dalam hal ini Driver laptop atau komputer sobat). Ketika terjadi bluescreen, perangkat akan memunculkan notifikasi atau yang sering disebut minidumb berupa informasi tentang permasalahan yang sedang terjadi. Dengan adanya minidumb tersebut, sobat dapat menjadikannya sebagai langkah awal memperbaiki bluescreen yang terjadi.

Cara Mudah Mengatasi Bluescreen pada Komputer atau Laptop

Periksa Hardware Perangkat Komputer atau Laptop sobat – Bluescreen terjadi karena ada suatu masalah pada software atau hardware dari perangkat komputer maupun laptop. Sobat cukup mengecek pada Memory Diagnostics dengan cara masuk ke Start Menu kemudian ketikkan Memory Diagnostics Tool. Atau bisa juga komputer atau laptop sobat terlalu lama bekerja. Ibarat manusia, sebuah perangkat komputer atau laptop juga perlu istirahat.

System Restore – Opsi selanjutnya sebaiknya sobat mencoba melakukan system restore untuk mengatasi bluescreen. Karena kebanyakan bluescreen disebabkan oleh software, menggunakan cara ini terbukti ampuh. Namun, cara ini hanya dapat digunakan jika sebelumnya sobat sudah melakukan Backup. Jadi, sebaiknya selalu melakukan Backup secara rutin dan berkala untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Update Driver – Kesalahan memasang driver juga dapat menyebabkan sebuah komputer atau laptop mengalami bluescreen, jadi sebaiknya sobat melakukan update serta memasang driver yang cocok untuk perangkat komputer atau laptop yang sobat miliki.

Install Ulang Sistem Operasi – Opsi Terakhir adalah menginstall ulang sistem operasi perangkat yang sobat miliki. Cara ini ditempuh ketika berbagai cara yang dicoba tidak berhasil. Dengan ini sistem akan dimulai lagi dari awal dan jika sobat masih mengalami bluescreen, bisa juga Master Sistem Operasi yang sobat pakai mengalami masalah atau corrupt. Sobat dapat mencoba melakukan install ulang menggunakan master lain.

Demikian Cara Mudah Mengatasi Bluescreen pada Komputer atau Laptop. Semoga bermanfaat..


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Bluescreen pada Komputer atau Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel