-->

Adsense

Cara Tepat Merawat Komputer yang baik dan benar


Agantutorial.com – Layaknya manusia, sebuah komputer juga memerlukan perlakuan dan perawatan yang baik agar tetap awet dan prima. Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang bagaimana cara merawat atau memperlakukan komputer dengan baik dan benar baik dari segi hardware maupun software. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat simak artikel berikut.

Cara Tepat Merawat Komputer yang baik dan benar.

1. Pastikan Selalu menutup Aplikasi yang sedang tidak digunakan.
Setiap komputer menjalankan sebuah aplikasi pastinya akan memakan memory (RAM) sehingga semakin banyak aplikasi yang berjalan akan semakin berkurang kapasitas RAM yang tersisa. Hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja daripada komputer yang sobat miliki. Jadi sebaiknya, selalu tutup aplikasi yang sedang tidak digunakan.

2. Menggunakan Casing CPU dengan Ventilasi yang memadai.
Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan panas yang berlebih pada CPU sehingga perangkat tesebut akan mudah panas. Jadi pastikan sobat menggunakan casing CPU dengan ventilasi yang cukup untuk masuk dan keluarnya udara.

3. Pasang Antivirus.
Menggunakan Antivirus merupakan langkah untuk mencegah serta mengatasi virus bersarang di perangkat yang sobat miliki, jangan lupa untuk selalu melakukan update Antivirus secara berkala sehingga antivirus dapat menangkal dan membasmi virus terbaru.

4. Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan.
Setiap aplikasi yang sobat install pastinya akan memakan ruang pada Harddisk. Jika kapasitas ruang pada Harddisk menipis, hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja komputer. Sehingga alangkah baiknya sobat uninstall aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan.

5. Menggunakan Stabilizer.
Stabilizer disini berfungsi untuk menstabilkan arus listrik yang masuk ke perangkat komputer, serta untuk mengantisipasi jika terjadi listrik padam/mati, komputer tidak langsung mati saat itu juga. Sebab jika pada saat listrik padam dan komputer mati secara tiba2 dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen komputer.

6. Melakukan Defragment harddisk secara berkala.
Defragment memiliki fungsi untuk menata semua data pada harddisk, sehingga kinerja dari komputer maupun laptop sobat menjadi lebih ringan. Untuk mengaksesnya pun cukup mudah, sobat tinggal masuk ke menu Start > All Progam > Accecories > System Tool > Disk Defragment.

7. Membersihkan File-file sampah.
Saat sobat menghapus suatu file, file tersebut tidak langsung hilang dari harddisk melainkan ditampung terlebih dahulu di Recycle Bin dengan maksud jika suatu saat dobat membutuhkan file tersebut, sobat dapat mendapatkannya kembali, lakukan pembersihan Recycle Bin jika kiranya file didalamnya sudah dianggap tidak perlu lagi.

8. Lakukan Grounding pada Casing CPU.
Saat sobat memegang casing cpu, apakah sobat merasakan sengatan listrik ? jika ya sebaiknya sobat lakukan grounding pada casing CPU supaya pada saat sobat memegang casing tidak terjadi sengatan listrik lagi, dan tentunya hal ini juga dapat memperpanjang usia komputer yang sobat miliki.

9. Hindari Meletakkan Speaker berdekatan dengan Monitor.
Kebanyakan orang memilih meletakkan speaker berdekatan dengan monitor, entah itu disebelah kanan maupun kiri. Tapi, taukah sobat jika hal tersbut dapat mempengaruhi monitor? Hal itu disebabkan oleh medan magnet dari speaker  yang terlalu dekat dengan monitor. Sebaiknya letakkan speaker agak jauh dari monitor, minimal 35cm.

10. Selalu Bersihkan perangkat komputer dari debu secara berkala.
Minimal 6 bulan sekali sobat harus melakukan pembersihan pada perangkat komputer yang sobat miliki. Meliputi apa saja? Keyboard, Monitor, Mouse, Kabel, Ram, Kipas, Video Card, Motherboard.

Melakukan perawatan pada komputer merupakan hal yang sangat penting, sebab ibarat makhkluk hidup, komputer juga perlu dirawat dan dibelai sob supaya dia tetep fit saat diajak bertempur haha.. Sekian Cara Tepat Merawat Komputer yang baik dan benar. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Tepat Merawat Komputer yang baik dan benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel